MAKALA HUBUNGAN FAKTOR PENDIDIKAN NORMAL DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KEPULAUAN LAHAN KERING oleh Kelompok 1

 

Hubungan Faktor Pendidikan Normal dengan Kejadian Stunting di Wilayah Kepulauan Lahan Kering

 

 



 

Disusun oleh

 1.      Audi Priskila Bleg  (2007010061)

 2.      Indah A. Stevani Mone   (2007010216)

 3.      Sunarti  (2007010040)

 4.      Tatie Justicia Nenohaifeto  (2007010041)

  5. Tresia Avilia B. Lamarobek (2007010130)




Kata Pengantar

 

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan penyertaannya kami dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah yang berjudul “Hubungan Faktor Pendidikan Normal dengan Kejadian Stunting di Wilayah Kepulauan Lahan Kering” ini tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar Ilmu Kesehatan. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan kami sebagai mahasiswa tentang Hubungan Faktor Pendidikan Normal dengan Kejadian Stunting di Wilayah Kepulauan Lahan Kering.

 

Kupang, 2 Februari 2020

                                                                                                                                 Tim/Kelompok 1








Daftar Isi

 

Kata Pengantar                                                                                                                      i

Daftar Isi                                                                                                                                ii

A.    Batasan Istilah menurut Pakar/Ahli

1.      Istilah/Pengertian Stunting                                                                                                  1

2.      Pendidikan Normal                                                                                                              1

3.      Kepulauan Lahan Kering                                                                                                    1

B.  Review Hasil Penelitian Terdahulu                                                                                2

C.  Pembahasan                                                                                                                     9

Daftar Pustaka                                                                                                                       11



A.    Batasan Istilah Menurut PAKAR

1.1    Istilah/Pengertian Stunting

Berikut beberapa definisi dan pengertian Stunting menurut para Ahli/Pakar :

·         Menurut Trihono dkk (2015) : Stunting adalah status gizi yang didasarkan pada indeks BB/U atau TB/U dimana dalam standar antropometri penilaian status gizi anak, hasil pengukuran tersebut berada pada ambang batas (Z-Score) <-2 SD sampai dengan -3 SD (pendek/stunted) dan <-3 SD (sangat pendek/severely stunted). 

·         Menurut Millennium Challenge Account (2014) : Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan zat gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. 

·         Menurut WHO (2006) : Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

·         Menurut UNICEF : Stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO.

·         Menurut Kemenkes RI (2016) : Stunting adalah status gizi yang didasarkan pada parameter Panjang Badan menurut Umur (PB/U) atau Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), hasil pengukuran antropometri berdasarkan parameter tersebut dibandingkan dengan standar baku WHO untuk menentukan anak tergolong pendek (<-2 SD) atau sangat pendek (<-3 SD).

Pengertian stunting secara umum, Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

1.1    Istilah/Pengertian Pendidikan Normal

Pendidikan normal adalah suatu keadaan dimana seseorang dapat menerima serta menyimpan memori tentang informasi dan hal-hal baru secara baik dan lebih efisien. Berikut adalah beberapa definisi tentang Pendidikan Formal :

·         Pasal 1 ayat 6 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Definisi Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah san pendidikan tinggi.

·         Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyatakan bahwa Pendidikan Formal adalah segenap bentuk pendidikan atau pelatihan yang diberikan secara terorganisasi dan berjenjang, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

 

1.2    Istilah/Pengertian Kepulauan Lahan Kering

Propinsi Nusa Tenggara Timur adalah salah satu propinsi yang dikenal sebagai propinsi dengan latarbelakang kepulauan lahan kering. Berikut adalah beberapa definisi dari para ahli/Pakar tentang  Kepulauan Lahan Kering :

-          Soil Survey Staff (1998) dalam Haryati (2002) menyatakan bahwa Lahan Kering adalah hamparan lahan yang tidak pernah tergenang atau digenangi air selama periode sebagian besar waktu dalam setahun pada suatu kepulauan tertentu.Tipologi lahan ini dapat dijumpai dari dataran rendah (0-700 m dpl) hingga dataran tinggi (> 700m dpl).

-          Anonim : Lahan kering dikepulauan  adalah lahan yang dapat digunakan untuk usaha pertanian dengan menggunakan air secara terbatas dan biasanya hanya mengharapkan dari curah hujan. Lahan kering ini terdapat di kepulauan yangi memiliki kondisi agro-ckosistem yang beragam, umumnya berlereng dengan kondisi kemantapan lahan yang labil (peka terhadap erosi) terutama bila pengelolaannya tidak memperhatikan kaidah konservasi tanah.


B.    Review Hasil Penelitian terdahulu

Beberapa hasil penelitian terkait yang telah dilakukan sebelumnya adalah :

1.      Intje Picauly. 2009. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Ibu Balita dengan Kebiasaan  Konsumsi Sayur Balita Pada Kelompok  Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Hasil yang diperoleh : Ada hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu Balita dengan Kebiasaan  Konsumsi Sayur Balita Pada Kelompok  Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index.php/filejurnal/article/view/25

2.      Sitti Ratna Sari, Anna H. Talahatu, dan Amelya B. 2019. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tingkat Pendidikan Dengan Pola Konsumsi Makanan Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak Kota Kupang. Hasil yang diperolah : variabel tingkat pendidikan pendidikan tidak berhubungan dengan konsumsi makanan ibu nifas (p = 0,085). Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index. php/filejurnal /article/ view/ 50

3.      Cholifatun Ni’mah dan Lailatul Muniroh.  2015. Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan, dan Pola Asuh Ibu dengan Wasting dan Stunting Pada Balita Keluarga Miskin. Hasil yang diperoleh : Berdasarkan uji hubungan didapatkan p wasting= 0,581, dan p stunting= 0,605, p wasting dan p stunting >α artinya tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan wasting dan stunting pada balita keluarga miskin di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Sumber : https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/download/3131/2288

4.      Noor Iqmaliya Rachmawati. 2015. Hubungan Pendidikan Ibu Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12-60 Bulan Di Wilayah Puskesmas Kaligangsa Brebes.  Hasil yang diperoleh : Adanya hubungan pendidikan ibu dengan kejadian stunting yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,043<0,05 dan hasil yang didapatkan bahwa ibu yang berpendidikan rendah mempunyai resiko 1,99 lebih besar untuk memiliki anak. Sumber https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/74931/Hubungan-pendidikan-ibu-dengan-kejadian-stunting-pada-anak-usia-12-60-bulan-di-wilayah-puskesmas-Kaligangsa-Brebes.

5.      Gustaf Oematan dan UtmaAspatria. 2013. Faktor – Faktor Penentu Kejadian Gizi Buruk Stunting Di Daerah Dengan Karakteristik Pertanian Lahan Kering Kabupaten Kupang , Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil yang diperoleh : Empat (4) faktor yang tidak berpengaruh terhadap stunting yaitu: Besar Keluarga, Prioritas Konsumsi Balita, Jumlah Balita, dan Tingkat Pendidikan Ibu di Desa Hueknutu. Sumber : https://pergizipanganntt. id/ejpazih /index. php/filejurnal/article/view/88

6.      Intje Picauly  dan Sarci Magdalena Toy. 2013. Analisis Determinan Dan Pengaruh Stunting Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Di Kupang Dan Sumba Timur, NTT. Hasil yang diperoleh : Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa ibu dengan tingkat pendidikan rendah memiliki peluang anaknya mengalami stunting sebesar 0.049 kali lebih besar dibandingkan ibu dengan pendidikan tinggi. Hal ini berarti bahwa jika pendidikan ibu tinggi maka akan diikuti dengan penurunan kejadian stunting sebesar 3.022. Sumber : http://journal.ipb.ac.id/index.php /jgizipangan/article/view/7254

7.      Delmi Sulastri. 2012. Faktor    Determinan    Kejadian    Stunting   Pada  Anak  Usia Sekolah Di Kecamatan Lubuk  Kilangan Kota  Padang. Hasil yang diperoleh : Hasil  penelitian  ini    menemukan hubungan  yang  bermakna  antara  tingkat pendidikan  ibu  dengan  status  gizi  (  p  < 0,05), dimana  anak  pendek  lebih banyak terjadi pada  ibu  yang berpendidikanrendah. Sumber : http://jurnalmka.fk.unand.ac.id/index. Php /art/article/view/111

8.      Putri  Anindita. 2012. Hubungan   Tingkat  Pendidikan  Ibu, Pendapatan  Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc Dengan  Stunting  (Pendek) Pada Balita Usia 6  –  35  Bulan  Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Hasil yang diperoleh : Berdasarkan  hasil  uji  Fisher Exact  diperoleh  nilai  p=  0,646 (p>0,05),  sehingga  dapat  dikatakan tidak  ada  hubungan  antara  tingkat pendidikan  ibu  dengan  stunting (pendek)  pada  balita.  Sumber : http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm

9.      Intje Picauly, Sarah Lery Mboeik, Theresia Sri Lendes, Sherly Hayer. 2020. Pendampingan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil yang diperoleh : Tingkat Pendidikan sangat berpengaruh pola perumusan program kegiatan dalam penanggulangan Stunting di Kabupaten Manggarai Barat. Sumber : https:// pergizipanganntt.id/ejpazih/index.php/jpmkelaker/article/view/68

10.  Marselinus Laga Nur, Lewi Jutomo. 2020. Deteksi Dini Stunting Pada Jemaat Gmim Kapernaum Tenau. Hasil yang diperoleh : peningkatan jumlah peserta yang mengetahui dan memahami beberapa hal yang terkait dengan stunting yaitu, hubungan zat gizi dengan stunting, penyebab, dampak dan pencegahan dari stunting. Selain itu bagi para pelayan telah memiliki keterampilan antropometri dan mengolah bahan pangan lokal bergizi, yang nanti keterampilan tersebut diharapkan dapat berguna untuk deteksi dini dan sekaligus pencegahan stunting. Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/ index.php/jpmkelaker/article/view/73

C.  PEMBAHASAN

Stunting menggambarkan kondisi kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya memiliki tubuh pendek, stunting juga memiliki banyak dampak buruk untuk anak antara lain terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, kekebalan tubuh lemah sehingga mudah sakit, dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah. Tingkat Pendidikan secara tidak langsung memiliki hubungan dengan resiko terjadinya stunting pada anak. Namun banyak hasil penelitian menunjukan bahwa tinggi tingkat pendidikan formal tidak menjamin seorang anak bebas dari stunting. Berdasakan beberapa penelitian diketahui bahwa anak yang memiliki ibu dengan pendidikan yang tinggi resiko terjadinya stunting lebih rendah dari pada anak yang memiliki ibu berpendidikan rendah. Namun pendidikan yang tinggi juga tidak menjamin terhindar dari stunting. Pendidikan tinggi juga harus disertai dengan kualitas pola asuh ibu yang baik juga.

Anak yang mengalami Stunting akan sangat sulit dalam melakukan pendidikan normal karena memiliki kemampuan berpikir yang lebih rendah dari anak- anak pada umumnya. Selain itu, Stunting juga berdampak pada tingkat fokus anak atau gangguan pemusatan konsentrasi sehingga membuat si anak kesulitan saat belajar. Lebih parahnya lagi anak yang mengalami Stunting akan sangat sulit di waktu dewasa karena ketidakmampuan otak dan tubuh untuk segera menyesuaikan denhan keadaan dan perubahan sekitarnya. Oleh karena itu, Stunting harus di cegah sedini mungkin sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun, atau disebut juga sebagai periode 1000 hari pertama kehidupan. Dengan cara :

1.      Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur.

2.      Menghindari asap rokok dan memenuhi nutrisi yang baik selama masa kehamilan antara lain dengan menu sehat seimbang, asupan zat besi, asam folat, yodium yang cukup.

3.      Melakukan kunjungan secara teratur ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

4.      Mengikuti program imunisasi terutama imunisasi dasar.

5.      Memberikan ASI eksklusif sampai anak anda berusia 6 bulan dan pemberian MPASI yang memadai.


Daftar Pustaka

1.      Intje Picauly. 2009. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Ibu Balita dengan Kebiasaan  Konsumsi Sayur Balita Pada Kelompok  Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja. Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index.php/filejurnal/article/view/25

2.      Sitti Ratna Sari, Anna H. Talahatu, dan Amelya B. 2019. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tingkat Pendidikan Dengan Pola Konsumsi Makanan Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak Kota Kupang. Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index. php/filejurnal /article/ view/ 50

3.      Cholifatun Ni’mah dan Lailatul Muniroh.  2015. Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan, dan Pola Asuh Ibu dengan Wasting dan Stunting Pada Balita Keluarga Miskin. Sumber : https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/download/3131/2288

4.      Noor Iqmaliya Rachmawati. 2015. Hubungan Pendidikan Ibu Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12-60 Bulan Di Wilayah Puskesmas Kaligangsa Brebes.  Sumber https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/74931/Hubungan-pendidikan-ibu-dengan-kejadian-stunting-pada-anak-usia-12-60-bulan-di-wilayah-puskesmas-Kaligangsa-Brebes.

5.      Gustaf Oematan dan UtmaAspatria. 2013. Faktor – Faktor Penentu Kejadian Gizi Buruk Stunting Di Daerah Dengan Karakteristik Pertanian Lahan Kering Kabupaten Kupang , Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumber : https://pergizipanganntt. id/ejpazih /index. php/filejurnal/article/view/88

6.      Intje Picauly  dan Sarci Magdalena Toy. 2013. Analisis Determinan Dan Pengaruh Stunting Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Di Kupang Dan Sumba Timur, NTT. Sumber : http://journal.ipb.ac.id/index.php /jgizipangan/article/view/7254

7.      Delmi Sulastri. 2012. Faktor    Determinan    Kejadian    Stunting   Pada  Anak  Usia Sekolah Di Kecamatan Lubuk  Kilangan Kota  Padang. Sumber : http://jurnalmka.fk.unand.ac.id/index. Php /art/article/view/111

8.      Putri  Anindita. 2012. Hubungan   Tingkat  Pendidikan  Ibu, Pendapatan  Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc Dengan  Stunting  (Pendek) Pada Balita Usia 6  –  35  Bulan  Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Sumber : http://ejournals1. undip. ac.id/index.php/jkm

9.      Intje Picauly, Sarah Lery Mboeik, Theresia Sri Lendes, Sherly Hayer. 2020. Pendampingan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sumber : https://pergizipanganntt. id/ejpazih/index.php/jpmkelaker/article/view/68

10.  Marselinus Laga Nur, Lewi Jutomo. 2020. Deteksi Dini Stunting Pada Jemaat Gmim Kapernaum Tenau. Sumber : https://pergizipanganntt.id/ejpazih/index. php/jpmkelaker /article/view/73

11.  https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-stunting-dan-berbagai-cara-mencegahnya-pada-anak

12.  https://lifestyle.kompas.com/read/2017/02/08/100300123/mengenal.stunting.dan.efeknya.pada.pertumbuhan.anak?page=all

13.  https://www.kajianpustaka.com/2019/08/pengertian-penyebab-dan-pencegahan-stunting.html

14.  https://id.scribd.com/doc/143530519/pengertian-lahan-kering-docx

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH HUBUNGAN FAKTOR PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KEPULAUAN LAHAN KERING oleh kel 3

HUBUNGAN FAKTOR RIWAYAT ATAU KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KEPULAUAN LAHAN KERING oleh kel 11